Sekilas Cerita dari PT Cipta Tani Lestari

PT Cipta Tani Lestari merupakan perusahaan yang berfokus pada pengembangan teknologi pengolahan limbah, terutama biogas. PT Cipta Tani Lestari memproduksi reaktor biogas dan IPALserta memiliki reaktor biogas yang beroperasi di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2003 ini menjadi salah satu lokasi Kerja Praktik untuk beberapa mahasiswa Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi pada tahun 2021, yaitu Fauzi Bhakti Pratama (14517003), Yulina (14518002), dan Fitrotun Nazilah (14518027) dengan didampingi oleh dosen pembimbing Dr. Aqsha dan Astri Nur Istyami, S.T., M.T., serta didampingi oleh pembimbing lapangan Andrias Wiji, S.T selaku pemilik PT Cipta Tani Lestari

Kegiatan kerja praktik yang dilaksanakan pada tahun ini mempunyai sedikit perbedaan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya  berkat adanya integrasi antara kegiatan kerja praktik dengan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang digagas oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Program kerja praktik ini merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mendapatkan pelatihan, pembelajaran, dan penerapan ilmu untuk terjun ke dunia kerja nantinya. Selama periode kerja praktik yang berlangsung 2 bulan mulai Juni hingga Agustus 2021 yang lalu, peserta mendapatkan banyak pengalaman yang menarik karena diberi kesempatan untuk melihat secara langsung tempat produksi reaktor TENARI (Teknologi Anak Negeri) yang berbahan baku dasar fiberglass reinforced plastic dan sekaligus dapat melihat proses produksi biogas yang dimulai dari pengolahan sampah organik (yang uniknya berasal dari tempat makan Bernama Saung T&T yang berlokasi di tempat yang sama) serta kotoran hewan menjadi produk akhir berupa biogas yang dimanfaatkan kembali di Saung T&T.

Selain itu peserta juga dapat mengenai proses pengolahan limbah pada yang dihasilkan dari proses produksi biogas yang berupa lumpur (sludge/slurry). Pada umumnya, slurry (disebut juga bioslurry) digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk kompos dengan cara dikeringkan. Pupuk kompos tersebut digunakan untuk menambah nutrisi tanaman yang ada di kompleks PT Cipta Tani Lestari. Selain itu, proses pemilahan limbah sebelum dicacah dan dimasukkan ke dalam reaktor juga menghasilkan limbah organik cair hasil pengolahan dan konsumsi makanan dari Rumah Makan Saung T&T. Limbah tersebut akan diolah bersama limbah cair buangan toilet pada IPAL.

Prodi Teknik Bioenergi dan Kemurgi khususnya peserta yang telah melaksanakan program magang industri MBKM mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan magang industri yang telah diberikan. Semoga program ini memberikan manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat dan terus dilanjutkan di masa yang akan datang.

You may also like...

Leave a Reply