Tim Biofuelab ITB Selenggarakan Uji Coba Penerapan Bahan Bakar Nabati Drop-In di Lingkungan Masyarakat Tani

Lembang, November 1 2023

 

Tim Biofuelab dari KK Teknologi Pengolahan Biomassa dan Pangan, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung, menyelenggarakan kegiatan uji coba penerapan bahan bakar nabati di lingkungan masyarakat tani. Tim yang beranggotakan Prof. Dr. Ronny Purwadi, Dr. Meiti Pratiwi, dan Dr. Astri Nur Istyami ini bekerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

 

Dalam uji coba yang diselenggarakan pada hari Rabu, 1 November 2023 ini, bahan bakar nabati berupa bensin dari turunan minyak sawit dicampurkan sebanyak 10% dengan bensin konvensional. Bahan bakar campuran ini diujicobakan pada traktor di lingkungan masyarakat tani Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

 

“Traktor yang telah dikosongkan dari bahan bakarnya, diisi dengan bahan bakar dengan campuran 10% bensin nabati. Dalam uji coba ini, traktor berhasil dinyalakan dan dijalankan dengan baik,” ujar Dr. Meiti Pratiwi, selaku ketua tim kegiatan pengabdian kepada masyarakat Penerapan Bahan Bakar Nabati Drop-In di Lingkungan Masyarakat Tani.

 

Bahan bakar nabati drop-in merupakan bahan bakar nabati yang memiliki karakter serupa dengan bahan bakar fosil. Dengan demikian, bahan bakar tipe ini dapat langsung digunakan dalam mesin kendaraan konvensional tanpa memerlukan pencampuran dengan BBM maupun modifikasi mesin.

 

“Sejak tahun 2016, Tim Biofuelab ITB telah memulai riset dan pengembangan teknologi produksi bahan bakar nabati tipe drop-in berbasis minyak sawit melalui dekarboksilasi sabun logam. Teknologi ini cukup praktis untuk diaplikasikan di wilayah pelosok karena tidak memerlukan tekanan operasi yang tinggi,” ujar Prof. Dr. Ronny Purwadi.

 

Di bawah arahan Prof. Dr. Ronny Purwadi, Tim Biofuelab ITB sebelumnya telah melakukan produksi bahan bakar nabati melalui rute dekarboksilasi sabun logam pada skala laboratorium dan skala mini-pilot (20 kg bahan baku/hari). Prototipe bahan bakar nabati telah dihasilkan untuk bahan bakar mesin diesel (angka setana 60) dan bahan bakar mesin bensin (angka oktana 85).

 

Prototipe bensin dengan campuran 10% bensin nabati sebanyak 10 liter diserahkan oleh Dr. Meiti Pratiwi kepada Tatang Hermawan selaku Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat. Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang sosialisasi dan edukasi potensi penggunaan bahan bakar nabati di lingkungan masyarakat tani.

 

“Pihak Gapoktan akan menggunakan serta mengevaluasi prototipe bahan bakar campuran ini, untuk menjadi masukan terkait kualitas produk. Dengan demikian, kami dapat melanjutkan pengembangan teknologi produksi bahan bakar nabati bertekanan rendah, yang feasible untuk diaplikasikan di daerah pelosok,” ujar Dr. Astri Nur Istyami selaku salah satu anggota Tim Biofuelab ITB.

 

Dokumentasi kegiatan Uji Coba Penerapan Bahan Bakar Nabati Drop-In yang diselenggarakan Tim Biofuelab FTI ITB beserta Gapoktan Desa Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat (1/11/23)

sumber & copyright: fti.itb.ac.id

You may also like...

Leave a Reply