Mahasiswa TB menjuarai INPACE

Sunlight Bacttery adalah sebuah nama produk baterai yang dibuat dengan memanfaatkan sumber cahaya matahari dan juga kinerja bakteri untuk menghasilkan listrik dan disimpan dalam bentuk baterai. Latar belakang memilih topik tersebut karena melihatnya sampah elektronik B3 terutama baterai yang menumpuk, limbah tersebut selain memakan space yang banyak dan juga mencemari lingkungan juga berbahaya karena kandungan dalam baterai konvesional seperti carbon dan zink yang dapat menjadi zat kimia yang berbahaya apabila berada di udara bebas. Setelah melakukan analisis ternyata root case dari baterai tersebut yang hanya sekali pakai dan tidak bisa dipakai berkali-kali atau di charge, maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah sebuah prototype yang masih dalam tahap uji coba dan penelitian mengenai baterai unlimited.

Pembuatan baterai ini menggabungkan dua metode yaitu metode liquid sunlight dan juga MFC (Microbial Fuel Cells), dimana dengan menggabungkan kedua metode tersebut akan menghasilkan daya yang lebih besar dan cocok untuk dipakai sebagai baterai AA yang komersil di pasaran. Design baterai yang kami buat berbeda dengan design baterai pada umumnya, karena baterai ini dapat menyerap CO2 dan juga mengandung bakteri, sehingga dari proses kerja baterainya juga berbeda.

Dalam proses pembuatan paper dan juga mengkaji study litelature kami tidak sendirian, berhubungan ini adalah kompetisi paper pertama kami yang tentunya membutuhkan pembimbing untuk bisa mereview paper yang kami buat. Pak Aqsha adalah dosen pembimbing kami yang memberikan banyak masukan dan saran dalam proses pembuatan paper ini, mulai dari pembuatan paper, poster, hingga materi presentasi yang akan kami bawakan. Tentunya untuk bisa menjadi champion dalam perlombaan international paper ini tidak mudah, karena butuh usaha, kerja keras, ketekunan, serta do’a, dan dukungan dari orang-orang disekitar kami yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Perlombaan international paper ini diselenggarakan oleh ACS (American Chemical Society) chapter ITB, yang merupakan perlombaan bergengsi karena bertahap international yang pesertanya bukan hanya dari Indonesia saja selain itu perlombaan ini di provide oleh lembaga yang sudah sangat terkenal dalam bidang science.

You may also like...

Leave a Reply