Pengalaman Kerja Praktek di PT. Energi Sejahtera Mas

PT. Energi Sejahtera Mas merupakan perusahaan yang berlokasi di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan Dumai, Riau. Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari Sinarmas CEPSA Pte Ltd yang merupakan perusahaan joint venture dari CEPSA Petrochemical (anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Compania Espanola de Petroleos SA) dan Sinarmas Agribisnis & makanan. PT Energi Sejahtera Mas bergerak dalam bidang produksi oleokimia dan turunannya yaitu fatty acid, fatty alcohol, dan gliserin. PT. Energi Sejahtera Mas menjadi salah satu lokasi kerja praktek dari beberapa mahasiswa Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi Institut Teknologi Bandung, yaitu Arfanza Satria (14518001) dan Muhammad Arif (14518025), dengan dosen pembimbing Dr. Meiti Pratiwi, S.T.,M.T.

Kerja Praktik tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kerja Praktik tahun ini merupakan bagian dari program Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) RI, yaitu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa untu menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Selama dua bulan, peserta Kerja Praktik mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Setiap harinya, pada pagi hari kami mempelajari teori dari deskripsi proses tersebut, lalu siangnya kami langsung menuju plant produksi fatty acid, fatty alcohol, dan gliserin untuk melihat dan mempelajari proses produksi tersebut. Selain proses produksi, kami juga mempelajari sistem utilitas dari pabrik, diantaranya power plant, Water Treatment Plant (WTP), dan Wastewater Treatment Plant (WWTP). Selain itu, kami beberapa kali diberi kesempatan untuk mengikuti training tentang keilmuwan produksi dan brand product dari PT. Energi Sejahtera Mas yang diberikan untuk karyawan.

Kerja Praktik di PT. Energi Sejatera Mas menjadi pengalaman tidak terlupakan. Melalui Kerja Praktik, kami dapat memahami keadaan secara langsung di lapangan dengan bermodalkan ilmu di perkuliahan. Selain itu, peserta Kerja Praktek juga belajar skil komunikasi karena pembimbing lapangan mengharuskan peserta Kerja Praktik untuk berbaur dengan karyawan PT. Energi Sejahtera Mas. Pengalaman tersebut tentu menjadi bekal untuk peserta Kerja Praktik untuk menempuh dunia kerja.

Peserta Kerja Praktik mengucapkan terimakasih kepada PT. Energi Sejatera Mas karena telah diberikan kesempatan untuk magang industri dan juga diberikan ilmu yang bermanfaat. Semoga PT. Energi Sejahtera Mas dapat terus berinovasi di bidang oleokimia untuk membantu Bangsa Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply