Tim FTI ITB Inisiasi Produksi Minyak Jarak Kastor di Desa Pajagan, Kab. Sumedang

Tim pengabdian masyarakat dari FTI ITB melakukan serah terima unit produksi minyak jarak kepyar atau castor oil di Desa Pajagan, Kabupaten Sumedang, pada hari Jum’at, 10 November 2023. Serah terima unit ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat Produksi Minyak Kastor di Desa Pajagan, Kab. Sumedang.

Jarak kepyar, atau kaliki, atau kastor (Ricinus communis) merupakan tanaman perdu yang dapat tumbuh liar maupun dibudidayakan. Minyak dari bijinya merupakan bahan baku untuk berbagai produk industri kosmetik, personal care serta industri pelumas. Meskipun tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di Indonesia, namun Indonesia masih mengimpor minyak jarak kepyar sebanyak 2.700 ton per tahun, dalam bentuk mentah (crude) maupun olahannya (Badan Pusat Statistik, 2022).

“Sejak awal tahun 2023, tim dosen dari Fakultas Teknologi Industri, khususnya Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi, berkoordinasi dengan masyarakat desa setempat terkait produksi minyak jarak kepyar di Desa Pajagan. Penanaman benih dilakukan sejak bulan Maret 2023, dengan biji yang diperoleh dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis Dan Serat (Balittas),” ujar Dr. Astri Nur Istyami selaku ketua tim pengabdian masyarakat Produksi Minyak Kastor di Desa Pajagan, Kab. Sumedang.

Pohon jarak kepyar yang ditanam ini mulai menghasilkan biji pada bulan Agustus 2023. Selanjutnya, biji dipanen serta diperah untuk menghasilkan minyak jarak kepyar mentah. Minyak ini selanjutnya akan diolah atau dimuluskan dengan bekerja sama dengan industri pengolah minyak nabati setempat, yakni PT Wardani Agro Utama.

“Salah satu kendala dalam produksi minyak jarak kepyar ini adalah efisiensi dalam pemanenan biji serta adanya kemarau panjang dalam proses budidayanya. Awal musim hujan seperti saat ini adalah waktu yang baik untuk menanam pohon ini. Kami akan melanjutkan penanaman benih jarak kepyar pada akhir tahun ini untuk menghasilkan pohon dengan kualitas biji yang lebih baik,” ujar Ir. Agus Gunawan, selaku perwakilan PT Wardani Agro Utama yang terlibat dalam proses penanaman biji serta produksi minyak kastor di Desa Pajagan.

Dokumentasi kegiatan pengabdian masyarakat Produksi Minyak Jarak Kepyar di Desa Pajagan, Kabupaten Sumedang, Januari-November 2023.

Sumber: Dr. Astri Nur Istyami (Ketua tim pengabdian masyarakat Produksi Minyak Kastor di Desa Pajagan, Kab. Sumedang)

Sumber & copyright: fti.itb.ac.id

You may also like...

Leave a Reply