Puspitek: Cerita Pengalaman Magang

Lab Penelitian Kimia Balai Puspiptek merupakan salah satu lab penelitian yang berada pada Badan Riset dan Inovasi Nasional. Lab ini mempunyai fokus penelitian pada bidang seperti Kimia Analitik dan Standar, Kimia Bahan Alam Pangan dan Farmasi, Teknologi Proses Katalis, serta Teknologi Lingkungan.  Lab ini menjadi salah satu lokasi kerja praktek dari beberapa mahasiswa teknik bioenergi dan kemurgi, yaitu Ivan Pratama (14519001) dan Muhammad Taufiq Irsyad (14519016), dengan dosen pembimbing Dr. Carolus Borromeus Rasendra, S.T., M.T.

Kerja Praktek merupakan program sebagai  wadah berkembangnya mahasiswa dalam memahami hal-hal yang dilakukan sebuah mahasiswa teknik proses di dunia kerja. Program ini menjadi bagian dari kegiatan MBKM (Mahasiswa Belajar Kampus Merdeka). Selama kegiatan Kerja Praktek peserta belajar banyak hal yang menarik salah satunya melakukan reparasi zat adsorben dengan memasukan zat katalis serta depolimerisasi lignin dengan reaksi transfer hidrogenasi katalitik Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa zat adsorben mengalami peningkatan kapasitas adsorbsi setelah melakukan reparasi dan reaksi transfer hidrogenasi katalitik dapat mendepolimerisasi lignin menjadi monomernya.

Selama Kegiatan Kerja Praktek peserta diizinkan untuk menggunakan berbagai macam alat untuk menjalankan rangkaian penelitian. Alat alat yang sempat digunakan peserta adalah : Sentrifugasi, Sonificator, muffle furnace, tube furnace, batch reactor,  gas chromatography. tak hanya itu juga, peserta berkesempatan untuk melakukan penelitian tak hanya di lab utama P2K saja, peserta dapat melakukan penelitian di Lab Analisis P2K.

You may also like...

Leave a Reply