Pengalaman Magang Industri di PT. Long Harmony Industry

PT Long Harmony Industry merupakan bagian dari Long John Group yaitu perusahaan yang bergerak di bidang tekstil yang memproduksi kain sepatu untuk brand NIKE, ADIDAS, NB, REEBOK, dan brand lainnya. Long John Group didirikan pada tahun 1983 oleh CEO Jeff Wen, memiliki 2.000 karyawan secara global. Produk utamanya adalah Circular Knitting, Jacquard Circular Knitting, dan Warp Knitting. Operasi global kantor pusat di Taiwan, produksi lokal di Cina, Vietnam, dan Indonesia. PT Long Harmony Industry terletak di [alamat], Jawa Barat, Indonesia. Perusahaan ini pun menjadi lokasi magang industri  untuk mahasiswa Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi, Fakultas Teknologi Industri. Institut Teknologi Bandung yang terdiri dari Marcelino Villarruel (14519014) dan Muhammad Rafi Ramadhan Taufik (14519030) dengan dosen pembimbing Ibu Dr. Astri Nur Istyami, S.T, M.T. serta pembimbing lapangan utama Bapak Irwan Juniyanto dan pembimbing lapangan kedua Kak Hernita.

Kegiatan magang industri ini dilakukan karena adanya integrasi program kerja praktek dari ITB yang sejalan dengan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Program magang industri ini dilakukan di dua bagian yaitu Lab Dipping (Pewarnaan) dan di Divisi Produksi , kedua bagian tersebut dikepalai oleh Mr. Wu Zheng Hua yang banyak membantu mahasiswa dalam mengenalkan dunia tekstil serta mengajarkan dasar-dasar pewarnaan.

Kegiatan yang dilakukan pada bulan pertama dilakukan di Lab Dipping, selama magang di bagian ini mahasiswa dibimbing oleh Kak Hernita selaku Kepala Lab. Awal kegiatan dimulai dengan pemberian test Farnsworth-Munsell untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa dalam membedakan warna, pembekalan materi mengenai safety induction, serta pengenalan mengenai berbagai jenis kain, obat pewarna, dan obat pembantu untuk melakukan pencelupan. Sembari belajar mengenai hal-hal tersebut, mahasiswa pun diajarkan penggunaan alat-alat di lab serta sistem yang dipakai oleh perusahaan. Kegiatan harian yang dilakukan mahasiswa sembari belajar dari mulai masuk kerja yaitu briefing mengenai kegiatan yang akan dilakukan pada hari tersebut, belajar serta membantu pekerjaan di lab, serta mempresentasikan hasil kerja di hari tersebut ke kepala bagian dan pembimbing lapangan utama. Selama di bagian ini mahasiswa mendapat kesempatan untuk belajar di bagian Lab Material yaitu laboratorium untuk mengecek sifat fisik/ketahanan dari kain hasil produksi serta belajar mengenai penyiapan bahan baku kain dari benang di Divisi Rajut.

Pada bulan kedua, mahasiswa melanjutkan program magang di Divisi Produksi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Di bagian ini kegiatan yang dilakukan mahasiswa dimulai dengan mempelajari cara kerja alat produksi serta teknis-teknis yang dilakukan operator celup yang bertugas untuk mencelup kain dengan larutan pewarna menggunakan alat produksi. Setelah itu mahasiswa belajar mengenai cara kerja operator acc warna yang bertugas untuk memberikan resep obat pewarna (dyestuff) dan obat pembantu (auxiliaries) serta memberikan keputusan supaya kain hasil celup bisa dikeringkan. Selain belajar mahasiswa pun membantu pekerjaan administrasi serta konsultasi terhadap analisis kerja kepada pembimbing lapangan dan kepala bagian. Kemudian mahasiswa pun mendapat kesempatan belajar mengenai sistem-sistem utilitas pabrik seperti sistem penyedia panas yaitu steam yang digunakan untuk memanaskan alat produksi serta pemanasan oli yang digunakan untuk pengeringan kain hasil celup, sistem penyediaan air, dan pengelolaan limbah. Di akhir program magang kami mendapat kesempatan untuk presentasi di depan para pimpinan perusahaan mengenai kegiatan magang yang kami lakukan di PT Long Harmony Industry.

Kegiatan magang industri di PT Long Harmony Industry secara kelinearan dengan program studi mahasiswa dapat dikatakan sangat sedikit sehingga tidak banyak ilmu yang mahasiswa dapatkan dari bangku perkuliahan bisa diterapkan selama kegiatan magang. Namun, dengan kegiatan ini memberikan mahasiswa pengalaman berharga dan membuka wawasan baru mengenai kerja di dunia tekstil. Terimakasih kami sampaikan kepada Kemendikbud RI, PT Long Harmony Industri, dan ITB untuk kesempatan yang telah diberikan dan ilmu yang diberikan. Diharapkan dengan adanya kegiatan magang industri ini, mahasiswa mampu mendapatkan pengalaman baru dan membuka wawasan mengenai dunia kerja.

You may also like...

Leave a Reply