Magang MBKM di RAPP

P.T. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) anak perusahaan dari Asia Pacific Resources International Holdings Ltd (APRIL) yang merupakan bagian dari RGE (Royal Golden Eagle). PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi pulp dan produk turunanya berupa kertas maupun kain. PT RAPP memiliki 4 bisnis unit dibawahnya yaitu Fibre, Riau Pulp, Riau Kertas dan Riau Energi. Pada 4 Juli 2022,  mahasiswa dari berbagai universitas berkesempatan untuk melakukan kegiatan kerja praktik yang salah satunya adalah Muhammad Khidlir Ali (14519004) dari Institut Teknologi Bandung. Pada kesempatan tersebut Bapak Jenny Rizkiana S.T., M.T., Ph.D menjadi dosen pembimbing dari Muhammad Khidlir Ali.

Kegiatan kerja praktik ini merupakan bagian dari kegiatan  MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) rancangan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk memasuki dunia kerja. Selama kerja praktek, mahasiswa mendapat banyak pengalaman terkait keilmuan yang diaplikasikan pada lapangan serta dapat melihat secara langsung kegiatan teknikal saat di lapangan.

Kegiatan diawalli dengan melakukan tanda tangan kontrak kerja praktik dengan divisi humas dari PT RAPP dilanjutkan dengan safety induction di safety campus PT RAPP. Setelah mahasiswa dinyatakan lulus pada safety induction, mahasiswa ditempatkan keberbagai posisi yang ditentukan oleh pihak HR dari PT RAPP. Muhammad Khidlir Ali ditempatkan pada April Learning Institute (ALI) yang dibimbing langsung oleh Technical Manager yaitu Ibu Sri Wahyuni yang kerap dipanggil Bu Nani. Bu Nani megnkoordianasi seluruh kegitan yang dilakukan oleh Muhammad Khidlir Ali selama magang di RAPP. Pada pekan pertama kegiatan mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengikuti training pengembangan diri dan juga technical training tentang seluruh proses yang ada pada PT RAPP. Pada pekan kedua kegiatan masih dilanjutkan di ALI untuk melakukan workshop instrumentasi di lab instrumentasi yang kemudian dilanjutkan dengan workshop DCS (Digitalized Control System). Kemudian pada pekan berikutnya dilakukan penempatan di bagian mill. Pada kesempatan tersebut Muhammad Khidlir Ali ditempatkan pada unit bisni Riau Prima Energi dan dibimbing oleh Bapak Dedi Yandri.

Pada Riau Prima energi mahasiswa mempelajari seluruh proses yang ada dan melakukan kunjungan ke selurung plant yang ada pada unit bisnis tersebut. Kegitan kunjugan tersebut dilakukan guna mempelajari dan melihat secara langsung proses yang ada di pabrik. Kunjungan pertama dilakukan di bagian plant evaporator yang ditemani oleh Hendrik selaku Process Engineer Evaporator dari PT RAPP. Selain melihat kondisi lapangan Hendrik juga membantu menjelaskan seluruh proses yang terjadi di setiap alat yang terdapat pada plant evaporator. Kunjungan berikutnya dilakukan di plant recovery boiler dengan ditemani oleh Davin selaku Process Engineer Recovery Boiler dari PT RAPP. Selama kegiatan kunjungan tersebut mahasiswa tidak diperkenankan mengambil dokumentasi baik dalam bentuk foto maupun video. Hal tersebut dilakukan guna menjaga kerahasisaan perusahaan yang juga merupakan objek vital negara. 

Rangkaian kegiatan yang telah dilakukan ini menjadi motivasi mahasiswa untuk terus berkembang dan belajar mengenai bidang bioenergy dan kemurgi. Sebagai penutup mahasiswa mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada seluruh pihak terkait dalam kegiatan ini baik dosesn maupun seluruh civitas karyawan PT RAPP, Program MBKM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Teknologi atas kesempatan yang telah diberikan dan ilmu yang begitu luas dan bermanfaat.

You may also like...

Leave a Reply