Cerita Pengalaman Kerja Praktek di PT Aimtopindo Nuansa Kimia, Bandung

PT Aimtopindo Nuansa Kimia atau biasa dikenal dengan AIMTOP merupakan perusahaan berbasis riset laboratorium dan inovasi teknologi proses yang akan memberikan solusi terbaik dalam dunia industri. Teknologi yang dikembangkan oleh PT ANK sudah diimplementasikan di berbagai jenis industri. PT ANK saat ini sedang bergerak di berbagai bidang industri seperti Oil & Gas Service Company, Engineering Procurement, EPC, dan Operation and Maintenance Oil & Gas. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penyalur jasa dan sering dijadikan pihak ketiga (kontraktor) yang mengelola permasalahan pihak mitra seperti pengolahan limbah, PT Aimtopindo Nuansa Kimia masih bekerja sama dengan PT. Pertamina untuk mengolah limbah oil and gas, salah satunya IPAL PT Pertamina EP Asset 3 Balongan, dengan air terproduksi sebagai bahan baku yang akan diolah. PT ANK memiliki banyak kantor dan tempat riset sebagai penunjang visi dan misi perusahaan, salah satunya terletak di Kawasan Industri De Primaterra, Jalan Raya Sapan, Tegalluar, Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat yang menjadi tempat utama program Kerja Praktik mahasiswa dari Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung yang terdiri atas Athaya Nadira (14519008), Crista Juniar (14519013), Surya Gemilang A. (14529027), dan Zidan Fariz A. (14519029) dengan dosen pembimbing Dr. Aqsha, S.T., M.T.


Program Kerja Praktik atau KP menjadi bagian dari program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang merupakan rancangan dari Kemendikbud yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai jenis ilmu guna memasuki dunia kerja. Selama program Kerja Praktik berlangsung, mahasiswa mendapat banyak ilmu dan pengalaman terkait keilmuan yang diaplikasikan pada lapangan.

Kerja Praktik diawali dengan pemberian materi tentang pengenalan perusahaan atau biasa disebut dengan company profile yang dibawa langsung oleh Bapak Yanus selaku direktur PT ANK dan diikuti dengan safety induction yang dibawa oleh divisi HSE. Berikutnya, dilaksanakan meeting untuk penentuan pembimbing serta pemberitahuan mengenai penugasan selama KP. Tugas yang diberikan ada dua yaitu tugas umum dan khusus. Untuk tugas umum, mahasiswa melakukan kunjungan langsung ke PT Pertamina EP Asset 3 OGT Balongan untuk mengamati secara teknikal dari proses water treatment langsung dari lapangan. Pada pabrik tersebut, mahasiswa mempelajari proses-proses pengolahan air limbah dari saat air limbah tersebut disuplai ke pabrik hingga layak untuk dibuang ke lingkungan. Mahasiswa dipandu oleh para engineer yang berada di lapangan.

Selain melakukan kunjungan ke PT Pertamina EP Asset 3 OGT Balongan, mahasiswa diberikan tugas khusus berupa turut serta dalam riset proses hidrolisis selulosa menjadi glukosa. Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk menelusuri kemungkinan rute lain untuk menghasilkan glukosa dari bahan-bahan yang banyak ditemukan di sekitar, salah satunya adalah rumput. Proses hidrolisis selulosa ini berlangsung dengan dua metode, yaitu enzimatik dan kimiawi. Kami berkesempatan untuk melakukan riset ini pada tahap pilot dengan berbagai variasi yang diberikan mulai dari temperatur, waktu, hingga jumlah air. Hasil hidrolisis ini kemudian dianalisis glukosanya dan ditentukan variasi yang terbaik. Sebelum periode KP berakhir, mahasiswa juga mengikuti pelatihan dari HSE berupa teori mengenai aturan-aturan, bahaya-bahaya yang dapat terjadi di lapangan dan cara mencegahnya, serta praktik langsung berupa fire drill dan pemasangan body harness.

Kegiatan kerja praktek di PT Aimtopindo Nuansa Kimia merupakan salah satu pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa dan ilmu yang telah didapatkan akan bermanfaat di masa depan nanti. Banyak sekali pengalaman yang mahasiswa dapatkan yang sebelumnya mungkin belum diperoleh saat kuliah. Tidak hanya hard skill, dari kegiatan kerja praktek ini mahasiswa juga mendapatkan soft skill seperti menjalin kerja sama yang baik dalam satu tim maupun terhadap rekan kerja lainnya. Oleh karena itu, mahasiswa ucapkan terima kasih kepada PT Aimtopindo Nuansa Kimia dan program MBKM dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atas diberikannya kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti program KP dengan baik.

You may also like...

Leave a Reply