Pengalaman dari Belitung Timur

PT Steelindo Wahana Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan buah kelapa sawit yang terletak di Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur. Kelompok magang industri MBKM ke PT Steelindo Wahana Perkasa terdiri dari empat orang mahasiswa Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi Institut Teknologi Bandung yaitu Jiyad Fauzan (14518005), Sabila Rahmania (14518017), Sabrina (14518018), dan Jovanka Rana (14518026).

Kerja praktik di PT SWP berlangsung secara luring yang dimulai dengan keberangkatan menuju Belitung Timur menggunakan pesawat pada 13 Juni 2021. Menaati protokol kesehatan di masa pandemi ini, karantina mandiri serta tes antigen dilaksanakan terlebih dahulu sebelum memulai seluruh kegiatan magang industri. Setelah memastikan keamanan dan keselamatan, peserta kerja praktik diajak berkeliling kompleks pabrik PT SWP yang terdiri dari pabrik kelapa sawit, kernel crushing plant (KCP), pabrik refinery, fraksinasi, dan biogas serta mengunjungi pelabuhan atau jetty untuk keperluan ekspor impor PT SWP.

Selama keberlangsungan kerja praktik, peserta kerja praktik dibimbing oleh asisten proses yang menjelaskan dan mempresentasikan mengenai proses refinery dan fraksinasi secara keseluruhan, serta mengajak mengelilingi pabrik refinery dan fraksinasi sembari mengenalkan alat-alat yang digunakan dalam proses. Pabrik refinery PT SWP menggunakan bahan baku berupa CPO yang berasal dari pabrik kelapa sawit milik PT SWP sendiri. Produk yang dihasilkan adalah RBDPO, yang sebagian akan difraksinasi menjadi olein dan stearin pada pabrik fraksinasi dan sebagian lagi akan dijual. Proses refinery dalam PT SWP dibagi menjadi 3 bagian yaitu bagian pre-treatment dan bleaching, filtrasi, dan deodorisasi sedangkan proses fraksinasi terdiri dari 2 bagian, yaitu kristalisasi dan filtrasi. Bangunan pabrik refinery mudah dikenali karena adanya tangki distilasi setinggi 9 lantai yang telah dicapai peserta kerja praktik dengan tangga. Pabrik fraksinasi sendiri berada bersebelahan dengan pabrik refinery.

Dalam mempelajari proses yang terjadi pada pabrik PT SWP, peserta kerja praktik terbagi menjadi dua kelompok dimana Jovanka dan Sabila fokus pada pabrik fraksinasi, sedangkan Sabrina dan Jiyad pada pabrik refinery. Berdasarkan pembagian kelompok yang telah ditentukan tersebut, pencarian data dimulai dari control room untuk mempelajari tentang diagram alir proses, pengendalian proses, dan P&ID pabrik refinery serta pabrik fraksinasi pada tiap bagian. Staff supervisor yang sedang bekerja turut memberikan wawasan mengenai detail proses dan kinerja alat. Selain itu, peserta kerja praktik juga berkesempatan untuk mengunjungi laboratorium PT SWP yang terletak di kantor refinery untuk mendapatkan data mengenai bahan baku utama, bahan baku pendukung, produk, serta limbah PT SWP serta melakukan sounding ke atas tangki penampungan minyak untuk mengecek kapasitas tangki bersama staf laboratorium. Sementara informasi mengenai pengolahan limbah dan penyediaan air di pabrik didapatkan dari kantor pabrik kelapa sawit.

You may also like...

Leave a Reply