Cerita MBKM dari Pabrik Kelapa Sawit Cikasungka (PTPN VIII)

Pabrik Cikasungka merupakan pabrik pengolahan kelapa sawit yang berlokasi di Jalan Raya Cigudeg No. 33 Desa Mekarjaya Kabupaten Bogor Jawa Barat. Pabrik kelapa sawit yang resmi beroperasi pada Oktober tahun 2013 ini merupakan milik PT Perkebunan Nusantara VIII. PT Perkebunan Nusantara VIII menjadi salah satu tempat kerja praktik bagi mahasiswa Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi Institut Teknologi Bandung pada tahun 2021 ini. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini diantaranya yaitu Rizkyka Affiaty R (14517004), Mohammad Reza Ramdani (14517032), Nadya Shalsabila Salman (14518004), Griselda Melania Yahya (14518006), Heian Vania Ratri (14518008), Muhammad Alif Akbar Syach (14518015), dan Sabila Uswatunnisa (14518023) dengan dosen pembimbing Dr. Ir. Elvi Restiawaty dan Dr. Tirto Prakoso.

Terdapat sedikit perbedaan pada kegiatan kerja praktik tahun ini, karena adanya integrasi antara kegiatan kerja praktik dengan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang dimulai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Program kerja praktik ini diharapkan dapat menjadi media interaksi dan sinkronisasi antara dunia akademis dan dunia kerja, media pembelajaran, pelatihan, dan penerapan ilmu yang diperoleh bagi mahasiswa. Peserta kerja praktek mendapatkan pengalaman yang sangat menarik untuk dapat terjun langsung ke lapangan dan melihat proses-proses yang terjadi di setiap stasiun unit proses pada pabrik kelapa sawit tersebut mulai dari stasiun loading ramp Tandan Buah Sawit (TBS) hingga dihasilkannya produk utama berupa Crude Palm Oil (CPO) dan kernel serta produk samping lainnya seperti serat (fibre), cangkang sawit, Tandan Kosong Sawit (TKS), dan limbah. Peserta kerja praktek juga mempelajari tentang uji kualitas CPO serta kernel di laboratorium milik pabrik. Sampel CPO dan kernel yang dihasilkan pabrik diambil secara berkala untuk kemudian dilakukan uji kualitas seperti kadar air, pengotor dan asam lemak bebas di laboratorium. Metode-metode yang digunakan untuk pengujian CPO beragam seperti moisture analysis, ekstraksi, serta distilasi.

Tidak hanya mempelajari proses dan keseluruhan operasi yang berlangsung di pabrik terkait, peserta kerja praktik juga dapat mempelajari mengenai manajemen SDM, administrasi kantor, serta pengolahan limbah di pabrik kelapa sawit. Studi kasus permasalahan di pabrik juga diberikan untuk mengasah daya pikir mahasiswa terkait analisis dan pemberian solusi permasalahan tersebut. Judul yang diberikan umumnya terkait optimasi suatu faktor yang dapat mempengaruhi proses, seperti:analisis limbah kelapa sawit sebagai bahan bakar boiler dengan menggunakan variasi komposisi antara fibre dan cangkang buah sawit, pengaruh efisiensi ripple mill terhadap kualitas dan kuantitas produksi kernel, optimalisasi waktu siklus perebusan pada stasiun rebusan PKS Cikasungka PTPN VIII, serta proses dan perhitungan sampel produksi CPO dan kernel untuk melihat kualitas hasil produksi.

Prodi Teknik Bioenergi dan Kemurgi mengucapkan terima kasih atas kesempatan magang industri yang telah diberikan. Semoga kerjasama ini dapat diteruskan di masa mendatang.

 

You may also like...

Leave a Reply