Commisioning Demo Plant Industrial Vegetable Oil (IVO)

PT. Berkat Sawit Sukamaju (PT. BSS) merupakan pabrik kelapa sawit yang berlokasi di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Pabrik kelapa sawit ini bergerak di bidang hulu pengolahan kelapa sawit. Pabrik ini beroperasi sejak tahun 2018 yang lalu. PT. Berkat Sawit Sukamaju (PT. BSS) menjadi salah satu tempat bagi mahasiswa Program Studi Teknik Bioenergi dan Kemurgi Institut Teknologi Bandung untuk melakukan Kerja Praktik pada tahun 2021 ini (Novin Isra Herdian (14518009), Regina Maria (14518012), Putri Anggreyani S. (14518022), Lathifuddin Siddiq (14518031)) dengan pembimbing Jenny Rizkiana, S.T., M.T., Ph.D.

Tahun ini, kegiatan Kerja Praktik menjadi bagian dari ProgramĀ  MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang diarahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Program Kerja Praktik ini dilakukan selama 2 bulan dan dibagi menjadi 2 periode, yaitu April-Mei dan Juni-Juli 2021 yang lalu. Peserta kerja praktek mendapatkan pengalaman yang sangat menarik untuk dapat terjun langsung ke lapangan dan melihat proses-proses yang terjadi di setiap stasiun unit proses pada pabrik kelapa sawit tersebut mulai dari stasiun loading ramp Tandan Buah Sawi (TBS) hingga dihasilkannya produk utama Crude Palm Oil (CPO) dan produk samping lainnya seperti kernel, serat (fiber), cangkang sawit, Tandan Kosong Sawit (TKS), dan limbah. Peserta kerja praktek pun mempelajari tentang uji kualitas CPO serta IVO di laboratorium milik pabrik. Sampel CPO yang dihasilkan pabrik diambil secara berkala untuk kemudian dilakukan uji kualitas seperti kadar air, pengotor dan asam lemak bebas di laboratorium. Metode-metode yang digunakan untuk pengujian CPO beragam seperti moisture analytic, ekstraksi, serta distilasi.

Selain mendalami tentang proses pada Pabrik Kelapa Sawit tersebut, peserta kerja praktik juga mendapat kesempatan untuk mengamati serta membantu proses commissioning demo plant untuk produk Industrial Vegetable Oil (IVO). Tak hanya itu, peserta juga berkesempatan melatih skill problem solving untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi pada demo plant tersebut. Pada uji coba pabrik ini, produk IVO yang dihasilkan pada demo plant tersebut kemudian dikirimkan ke Kudus (PT Pura Barutama) untuk diproses lebih lanjut menjadi bensin sawit. Pengembangan produksi IVO ini tentu menjadi inovasi yang berdampak besar bagi pengembangan bensin sawit di Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply