Katalis Merah Putih Turut Berpartisipasi di Hannover Messe 2021

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa sudah saatnya Indonesia mengurangi ekspor CPO, namun Indonesia perlu mengolahnya terlebih dahulu menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Berbagai program telah digerakkan untuk meningkatkan produktivitas kebun-kebun milik rakyat dan untuk mempersiapkan SDM perkebunan yang terampil. Selain itu, berbagai program juga dilakukan untuk mendukung penelitian dan pengembangan teknologi pertanian sawit yang efektif, efisien, dan berkesenimbungan.

Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, sudah memberi arahan, bahwa Indonesia perlu mencari inovasi teknologi terbaru yang dapat mengolah kelapa sawit menjadi produk energi terbarukan dan makanan sehat. Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, sudah saatnya Indonesia tidak hanya berpikir untuk skala laboratorium saja, tapi untuk sesuatu yg lebih besar, yaitu rakyat Indonesia.

Kelapa sawit memiliki potensi untuk bisa menjadi sumber energi yang dapat diperbarui dan bahan baku yang membawa banyak kebaikan lainnya. Penelitian demi penelitian terus dilakukan, salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Tim Katalis Merah Putih ITB. Tim Katalis Merah Putih ITB melakukan penelitian dan berhasil menciptakan katalis Merah Putih yang dapat mengubah kelapa sawit menjadi solar, bensin, dan avtur. Berdasarkan penelitian dan teknologi yang dimiliki, Tim Katalis Merah Putih ITB berhasil mengungkap banyak inovasi yang berasal dari kelapa sawit. Tim Katalis Merah Putih ITB mendapatkan apresiasi langsung dari Presiden Joko Widodo. Hasil inovasi ini juga ditampilkan pada Hannover Messe 2021. Inovasi ini diharapkan dapat membuat Indonesia menjadi lebih baik.

Berita Terkait