Juara I Kompetisi INDUSTRIAL CASE COMPETITION SPACE UP 3.0 2021

Tim Gabungan Mahasiswi Teknik Bioenergi dan Kemurgi (TB) dan Teknik Industri (TI), ITB Raih Juara I Kompetisi INDUSTRIAL CASE COMPETITION SPACE UP 3.0 2021 Tingkat Nasional

PERTAMINA dan Universitas Pertamina menutup secara resmi INDUSTRIAL CASE COMPETITION SPACE UP 3.0 2021 secara dalam jaringan (daring) pada Minggu, 24 Januari 2021. Kompetisi yang direncanakan digelar setiap tahun ini, dilaksanakan secara daring mengingat situasi pandemi yang masih belum berakhir. Adapun tema yang diusung kali ini adalah mengenai transisi dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan (“Transition from Fossil Fuels to Renewable Energy”). Pada kompetisi ini, diharapkan mahasiswa mampu merancang sebuah solusi yang efektif bagi industri dalam negeri maupun dunia di bidang energi terbarukan.

Pada kompetisi tingkat nasional yang dilakukan dalam Bahasa Inggris kali ini, Juara 1 berhasil diraih oleh Tim Mahasiswa gabungan Teknik Bioenergi dan Kemurgi (TB) dan Teknik Industri (TI), Institut Teknologi Bandung dengan judul “Bio-Dimethyl Ether (Bio-DME) from Rice Straw as Renewable Energy Substitute for Liquified Petroleum Gas (LPG)”. Dalam tulisannya, tim yang beranggotakan Evieta Camellia (Ketua Tim – TB), Anisa Nur Agis (TB), Nabila Zhara (TB), Bella Hardifa (TB) dan Diana Fauziyyah (TI) memaparkan teknologi yang dapat dikembangkan untuk memproduksi Bio-DME, bahan bakar yang terbuat dari bahan nabati terbarukan yang dapat digunakan sebagai pengganti LPG. Untuk juara 2 dan 3, juga berhasil diraih oleh dua tim yang berasal dari ITB. Informasi terkait daftar Pemenang kompetisi tingkat nasional ini dapat diakses pada akun Instagram resmi Pertamina Space Up 3.0.

Selain dari ITB (3 tim), kompetisi tingkat tinggi yang bergengsi ini juga diikuti oleh universitas dari seluruh penjuru nusantara seperti UGM, UNDIP (2 tim), UPN Veteran Yogyakarta, USU, Universitas Trisakti dan Universitas Pertamina. Kompetisi ini terdiri dari beberapa tahapan dari masa pendaftaran pada November 2020 yang lalu, pengumuman kasus industri, pengajuan laporan dan video, masa penilaian, presentasi, hingga “Grand Final” yang dilaksanakan pada 23 Januari 2021. Masing-masing tim mengajukan berbagai usulan seputar energi terbarukan seperti bio-battery, biogas, pengolahan sampah menjadi energi ataupun topik yang lain. Setiap topik yang diajukan harus mempertimbangkan 4 faktor yaitu perubahan iklim, ketahanan energi, energi yang murah dan penerimaan oleh masyarakat.

Berita Terkait