Kompetisi Chemurgy Innovation Summit 2021

Chemurgy Innovation Summit (CIS) merupakan acara yang rutin dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Bioenergi dan Kemurgi dimana acara ini memiliki visi meningkatkan eksistensi keilmuan kemurgi di Indonesia. Tema yang diangkat pada CIS 2021 adalah “Kemurgi sebagai Pondasi Kemandirian Bangsa”. Salah satu acara yang diadakan CIS ITB 2021 ini adalah kompetisi mengenai kemurgi yang dapat diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK/sederajat dan mahasiswa se-Indonesia. Terdapat 4 jenis kompetisi, yaitu Lomba Poster, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Chemurgy Innovation Product, dan Chemurgy Challenge.
Lomba Poster yang diadakan oleh CIS ITB merupakan lomba poster online dengan tema seperti tema acara CIS sendiri, yaitu “Kemurgi sebagai Pondasi Kemandirian Bangsa”. Peserta lomba poster adalah siswa-siswi SMA/SMK/sederajat. Lomba ini bertujuan untuk mengajak generasi muda menyadarkan masyarakat akan potensi biomassa di Indonesia melalu media kreatif. Selanjutnya, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mencari inovasi dalam pengolahan biomassa melalui karya tulis ilmiah yang bersifat objektif dan kreatif sehingga dapat dinikmati khalayak umum. Lomba LKTI dapat diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK/sederajat dan dapat memilih satu dari tiga sub-tema, yaitu bioenergi, biomaterial, dan kosmetik.

 

Gambar 1. Lomba Poster CIS ITB 2021

 

Gambar 2. Lomba Karya Tulis Ilmiah CIS ITB 2021

Lomba yang ketiga adalah Chemurgy Innovation Product (CIP) merupakan lomba dimana siswa-siswi SMA/SMK/sederajat dapat berinovasi mengolah dan menghasilkan produk-produk kemurgi yang bermanfaat, ekonomis, dan inovatif. Selanjutnya, Chemurgy Challenge (CC) merupakan lomba yang ditujukan untuk mahasiswa/i di seluruh Indonesia yang menitikberatkan penyelesaian kasus yang telah disediakan dengan menimbang aspek ekonomi, efisiensi, dan efektivitas. Tema lomba ini adalah penyelesaian masalah industri bioenergi dan kemurgi serta integrasi aspek teknik lingkungan dan eknomi. Bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut atau tertarik untuk mendaftarkan diri pada lomba-lomba ini, dapat mengunjungi sosial media CIS (instagram @cis_itb).

 

Gambar 3. Chemurgy Innovation Product CIS ITB 2021

 

Gambar 4. Chemurgy Challenge CIS ITB 2021

Berita Terkait